| Belajar Kelompok |
| Ditulis Oleh Rumah Cerdas Kreatif | |||||||
| Monday, 22 March 2010 | |||||||
|
Hari Sabtu Kemarin, Dhany bersama dengan beberapa kawan sekolahnya, melakukan aktivitas Belajar Kelompok. Ini dia foto ketika mereka sedang asyik belajar kelompok mengerjakanTugas yang diberikan oleh guru mereka.
. Mengutip dari Skripsi Wahyu Satyarini - Studi Komparasi Belajar Kelompok dan Belajar Tidak Kelompok Kaitannya dengan Prestasi Belajar Bidang Studi IPS - FKIP Univ.Muhammadiyah Surakarta, dijelaskan bahwa Tujuan guru memberikan Tugas belajar kelompok adalah agar siswa mampu bekerja sama dengan teman yang lain dalam mencapai tujuan bersama. Adapun pengelompokan itu biasanya didasarkan pada: a. Kemampuan belajar siswa Dalam satu kelas kemampuan belajar siswa tidak sama, ada yang pandai ada yang kurang pandai. Dengan adanya perbedaan kemampuan belajar siswa maka dibutuhkan kelompok menurut kemampuan belajar masing-masing agar setiap siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannya. b. Memperbesar partisipasi siswa Didalam kelas biasanya siswa terlalu banyak dan jam belajar yang digunakan sangat terbatas sehingga dalam jam pelajaran yang sedang berlangsung sukar sekali bagi guru untuk mengikut sertakan setiap murid dalam kegiatan belajar. Bila itu terjadi perlu adanya pengelompokan dan diberikan tugas yang sama pada masing-masing kelompok, maka banyak kemungkinan setiap siswa ikut serta melaksanakan dan memecahkan tugasnya. c. Pembagian Tugas Untuk menghadapi suatu masalah diperlukan pembagian tugas untuk masing-masing anggota kelompok dalam membahas tugas yang diberikan. d. Kerja Sama Yang Efektif Dalam kelompok siswa harus bisa bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, menyumbangkan pikiran atau pendapat untuk kepentingan bersama sehingga mencapai suatu yang diharapkan. Dalam memberikan tugas belajar kelompok, dalam menentukan kelompok, biasanya Guru melakukan hal sebagai berikut : a. Dalam pengelompokan murid, tingkat kecerdasan yang pandai dicampur dengan yang sedang dan yang kurang pandai. Hal ini bertujuan agar murid yang pandai dapat membantu teman-temannya yang kurang pandai. b. Dalam kelompok itu harus ada satu sebagai pemimpin yang mempunyai tugas untuk bertanggung jawab dalam kegiatan belajar tersebut. Kelebihan dari Kegiatan Belajar Kelompok adalah memberikan kemungkinan untuk saling memecahkan masalah secara bersama, mendorong rasa persatuan, memperluas pandangan, menghayati kepemimpinan bersama, membantu mengembangkan kepemimpinan dan mengembangkan sikap hidup demokratis. Sedangkan kelemahannya adalah bahwa Siswa mendapatkan informasi terbatas yang bisa menghambat penyelesaian tugas, mungkin ada kelompok yang tidak menyelesaikan tugas dengan baik, memerlukan waktu yang banyak.
Powered by !JoomlaComment 3.20
3.20 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved." |
|||||||